Solusi Islam Dalam Mengelola Lingkungan

Oke Zone Rabu, 17 April 2013

Solusi Islam Dalam Mengelola Lingkungan


Judul            : Greendeen; Inspirasi Islam dalam Menjaga dan Mengelola Alam 
Penulis          : Ibrahim Abdul-Matin 
Penerjemah   : Aisyah 
Penerbit        : Zaman, Jakarta 
Cetakan        : I, 2012 
Tebal            : 318 Halaman 
ISBN            : 978-979-024-319-4
Peresensi    : Ahmad Suhendra

Banyaknya bencana yang terjadi dibelahan dunia membuat semua orang prihatin. Mulai dari krisis air sampai pada pemanasan global. Semua itu cukup untuk membuktikan bahwa alam sedang mengalami kerusakan. Penyebabnya adalah tindakan manusia yang mengeksploitasi kekayaan alam secara berlebihan.

Padahal, Islam menegaskan bahwa semua manusia adalah penjaga bumi. Islam memberikan banyak inspirasi dalam pengelolaan sumber daya alam. Sejak 14 abad yang lalu, Islam sudah mengajarkan umat untuk peduli kepada alam. Karena Islam tidak hanya menaruh perhatian pada persoalan spiritual dan sosial, melainkan juga menginspirasi umat untuk peduli kepada alam.


Buku bertajuk Greendeen; Inspirasi Islam dalam Menjaga dan Mengelola Alam ini menjawab kegelisahan tersebut. Dengan menyuguhkan masalah dan solusi terkait isu-isu lingkungan yang diambil dari al-Qur’an dan Hadis. Yakni berupa prinsip yang didasarkan atas kesadaran menjalankan Islam seraya berkomitmen kepada lingkungan.

Buku setebal 318 halaman ini menyuguhkan kisah-kisah inspiratif, perjalanan hidup penulisnya, ajakan gaya hidup Islami dan pemikiran terkait kepeduliaan terhadap alam. Bahwa prinsip-prinsip pelestarian lingkungan itu ada dalam Islam. Oleh sebab itu, Ibrahim Abdul-Matin menawarkan konsep ‘Agama Hijau’ (greendeen) sebagai inspirasi mengelola alam.

Pria muslim berkulit hitam itu menguraikan kandungan ini sebanyak enam belas bab. Kemudian dikelompokkan dalam empat tema besar. Empat isu penting terkait lingkungan itu adalah energi, air, limbah dan makanan.

Penjelasan mengenai ‘Agama Hijau’ (greendeen) terdapat dalam halaman 21 – 34 bagian awal buku ini. ‘Agama Hijau’ (greendeen) adalah agama yang menuntut manusia untuk menerapkan Islam seraya menegaskan hubungan integral antara keimanan dan lingkungan (seluruh semesta).

Di dalamnya dijelaskan bahwa ‘Agama Hijau’ (greendeen) dibangun atas enam prinsip yang saling berkaitan. Prinsip pertama, memahami kesatuan Tuhan dan ciptaan-Nya (tauhid). Hidup dengan cara ‘Agama Hijau’ (greendeen) berarti memahami bahwa segala sesuatu berasal dari Allah.

Prinsip kedua, melihat tanda-tanda (ayat) Tuhan di seluruh semesta. Hidup mengikuti prinsip ‘Agama Hijau’ (greendeen) berarti melihat segala sesuatu di alam ini sebagai tanda (ayat) keagungan Sang Pencipta. Prinsip ketiga, menjadi penjaga (khalifah) bumi. Dengan prinsip ini berarti memahami bahwa manusia harus melakukan apa pun untuk menjaga, melindungi, dan mengelola semua karunia yang terkandung di dalam alam.

Prinsip keempat, menghargai dan menunaikan kepercayaan (amanah) yang diberikan Tuhan kepada umat manusia untuk menjadi pelindung planet ini. Mengikuti prinsip ‘Agama Hijau’ (greendeen) berarti mengetahui bahwa manusia dipercaya oleh Tuhan untuk bertindak sebagai pelindung alam. Prinsip kelima, memperjuangkan keadilan (‘adl). Orang yang ingin hidup mengikuti prinsip ‘Agama Hijau’ (greendeen) harus memahami bahwa masyarakat yang tidak memiliki kekuatan politik dan ekonomi sering kali harus menanggung efek negatif pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Prinsip keenam, dan hidup selaras dengan alam (mizan). Segala sesuatu diciptakan dalam keseimbangan yang sempurna (mizan). Upaya menghormati keseimbangan itu dapat berupa memandang bumi sebagai masjid. Tatanan hukum dan aturan dalam Islam bertujuan untuk menjaga keseimbangan ini. Prinsip-prinsip itu adalah panduan yang menuntun untuk melestarikan lingkungan (alam) berdasarkan inspirasi ‘Agama Hijau’ (greendeen).

Dengan prinsip-prinsip ‘Agama Hijau’ (greendeen) di atas membuktikan bahwa Islam mengajarkan cinta yang mendalam kepada alam. Sebab, mencintai alam berarti mencintai diri kita dan mencintai Sang Pencipta. Hal itu membuktikan bahwa Islam bersesuaian antara jalan ruhani dan ilmiah. Enam prinsip itu juga dapat menjadi pondasi dalam mencegah krisis lingkungan yang berlandaskan asas agama Islam.

Dengan perspektif ‘Agama Hijau’ (greendeen) manusia akan memiliki kesadaran dan berpandangan bahwa bumi adalah masjid. Bumi adalah masjid merupakan cara lain untuk mengatakan bahwa manusia merupakan bagian dari struktur penciptaan yang menakjubkan. Maka, semua yang ada di dalamnya suci. (hal. 19). Hal ini berdasarkan Hadis Nabi saw. yang berbunyi, “Di mana pun kamu berada saat waktu shalat tiba, kerjakanlah shalat. Sebab, bumi ini adalah masjid.”

Begitu juga dalam memandang dan memanfaatkan sumber daya air. Air adalah medium pemahaman, keimanan, dan kebijaksanaan. Air sekaligus menjadi sarana penting untuk mengamalkan Islam. Air memiliki peran yang sangat fundamental dalam Islam. Salah satu syarat sah shalat adalah kesucian fisik dengan air. (hal. 178).

Dengan hal itu, Ibrahim menekankan bahwa pemerintah seharusnya bertanggung jawab atas pengelolaan air. Di antara langkah penting untuk mengelola air dengan baik adalah memperbiki jalur distribusi air sehingga benar-benar terjamin kebersihannya. Karena akses terhadap air merupakan kunci kebahagiaan bagi setiap orang. (hal. 185).

Ibrahim mengemukakan beberapa contoh personal maupun komunitas dalam menerapkan ‘Agama Hijau’ (greendeen). Misalnya, dia mengemukakan bahwa ada sebuah kmunitas muslim yang hidup sepenuhnya tanpa jaringan listrik di Chiapas, Meksiko. Pengalaman menuntun mereka memegang prinsip-prinsip ‘Agama Hijau’ (greendeen) dengan cara mengekspresikan keimanan yang bersesuaian dengan cintanya kepada planet ini dan kepada Tuhan. (hal. 171).

Buku yang diterbitkan dan diterjemahkan oleh Penerbit Zaman ini menggambarkan pengalaman hidup Ibrahim dan muslim Amerika dalam mengamalkan ‘Agama Hijau’ (greendeen). Selain untuk warga Amerika, buku ini juga dapat memberikan inspirasi dan membuka horizon dalam mengelola alam di negara-negara berkembang dan atau mayoritas beragama Islam, seperti Indonesia.

Karena di dalamnya tidak hanya menawarkan solusi dan alternatif dalam menjaga dan pengelolaan lingkungan. Buku ini juga menyadarkan kita dari budaya konsumerisme. Uraiannya juga membuktikan bahwa Islam memiliki keberpihakan dalam mengupayakan ‘Agama Hijau’ (greendeen). Hal ini jelas tertera dalam al-Qur’an dan Hadis.


Angkringan Warta on Saturday

Komentar

Dewi mengatakan…
Salam kenal, mas Ahmad Suhendra :)

kenalkan, nama saya Dewi, dari Divisi Keanggotaan BBI. Berhubung saya liat ada logo BBI di sidebar blog-nya, saya tergelitik untuk komentar :D.

Sebagai info, saat ini aggregator BBI sudah pindah ke http://blogbukuindonesia.com dan semua member resminya tercatat sebagai kontributor di webnya.

Semua member BBI (baik baru atau pun lama) kami minta untuk mendaftar ulang dengan mengirimkan email ke membershipbbi@gmail.com

Saya liat, blognya Mas Ahmed belum terdaftar di aggregator baru. Dimohon untuk mengirimkan alamat email ke akun milik divisi Keanggotaan ya (membershipbbi@gmail.com).

Mengenai FAQ BBI, termasuk juga persyaratan menjadi member, lebih lanjutnya silakan baca di sini : http://www.facebook.com/notes/blogger-buku-indonesia/faq/456423494406596

Ditunggu emailnya ya, mas Ahmed :)
Unknown mengatakan…
iya mbk terima kasih. saya sudah daftar.
Lingkungan menjadi isu sentral saat ini dalam berbagai hal, begitu juga dalam furniture
Unknown mengatakan…
Wa'alaikumsalam,, Salam literasi