Sabtu, 07 Februari 2015

Menjaga Buah Hati, Membangun Generasi Emas


Majalah Bangkit, 01/TH. IV/Januari 2015, hlm. 22
Tindakan pelecehan seksual saat ini marak diberitakan. Maraknya tindakan pelecehan seksual ini sebagian besar disebabkan pengaruh media. Terutama, internet yang dengan bebas menyajikan informasi mengenai seksualitas dengan gamblang.

Di sisi lain, beberapa orang tua sibuk dengan pekerjaannya sehingga tak punya waktu untuk mendampingi tumbuh kembang sang buah hati. Sementara itu, pelecehan seksual adalah masalah sosial yang perlu dicegah.

Buku bertajuk Pelecehan Anak, Kenali dan Tangani! Menjaga Buah Hati dari Sindrom ini berbicara tentang berbagai tindakan pelecehan seksual.  Pencegahan tindakan pelecehan bisa dilakukan sesuai dengan tahapan usia dan tingkat pemahaman.


Pelecehan seksual adalah masalah sosial yang harus dicegah. Pelecehan sungguh merusak harga diri dan kehormatan. Banyak anak di bawah umur yang belum mengerti sepenuhnya kejadian yang menimpanya. Maraknya tindak pelecehan mengindikasikan bahwa peran orangtua sudah berkurang.

Padahal, penanaman nilai moral yang baik itu bermula dari keluarga. Perlu kiranya para orangtua memperkuat peran keluarga dalam pendidikan anak.  Menjadi orangtua tangguh di era digital bisa dengan melakukan internalisasi nilai agama dalam berkeluarga. Orangtua juga harus menjalin hubungan yang akrab dengan anak.

Keluarga sangat menentukkan pembentukkan akhlak anak. Melalui hal itu, anak diajarkan pemahaman terkait fungsi dan tanggung jawab sosial. Sebab, hal ini merupakan pengaruh dari perlakuan orangtua atau lingkugan.

Dengan memberikan pemahaman bahwa seluruh tubuh adalah miliknya yang harus selalu dijaga. Pendidikan seks sejak dini hendaklah diajarkan sehingga anak mengetahui bagian tubuh beserta fungsinya. Jadi, mebekali anak sejak dini tentang pengetahuan seksual agar mereka bisa menjaga diri dan terhindar dari tindak pelecehan seksual merupakan hal yang mendesak dilakukan oleh para orangtua.

Buku yang diterbitkan Tinta Medina ini sangat menyentil orangtua. Buku ini mengajak para orangtua untuk semakin menyadari bahwa anak adalah aset yang tak ternilai harganya. Anak adalah amanah bagi orangtua yang harus dijaga dengan sepenuh jiwa dan raga. Buku semacam ini harus dihadirkan dengan sungguh-sungguh, karena dampak buruk globalisasi pengaruhnya sangat besar, apalagi didukung dengan gelombang informasi dan teknologi yang makin kencang.


Generasi emas Indonesia bukanlah mimpi, melainkan rekayasa sosial pendidikan yang harus segera direalisasikan. Penulis buku ini sadar dengan hal ini, terbukti berbagai tips dan strategi disuguhkan. Generasi emas Indonesia jangan sampai terjebak dalam sindrom global yang buruk. Generasi harus hadir dengan semangat membaca, dengan kesungguhan hati orang tua dalam mendidik, dan peran serta masyarakat dan negara yang saling bekerjasama secara pro-aktif.

Judul buku
Pelecehan Anak, Kenali dan Tangani! Menjaga Buah Hati dari Sindrom
Penulis
Nurul Chomaria
Penerbit
Tinta Medina, Solo
Cetakan
Pertama, 2014
Tebal
215 Halaman
ISBN
978-602-9211-52-8

Ahmad Suhendra. Diberdayakan oleh Blogger.

Random Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Baris Video

Loading...

Member Goodreads

Follow by Email

Member Blogger Buku Indonesia

Member Blogger Buku Indonesia
BBI

Video of Day

Translate

News

search

Design

Advertisement

Join Us

Advertisement

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Advertisement

Advertisement With Us

Technology

free counters
About Author

Naveed Iqbal

Naveed is freelance web designer. He loves to play with javaScript and other programming codes.