Ciptakan Generasi Cerdas dengan Asupan Seimbang

Menurut UNICEF, hanya 37 % anak-anak usia 6-23 bulan di Indonesia yang mendapat makanan bergizi. Namun tren menyusui dan memberi makanan rumahan kepada anak semakin populer dan orangtua yang mengakui manfaatnya semakin meningkat dari waktu ke waktu. Mendapatkan makanan yang sehat, bervariasi, bergizi serta lezat adalah hak semua anak. Gabrielle Palmer (1999) mengatakan, kecenderungan menyukai suatu rasa dibentuk sejak awal kehidupan.


Cara pemberian makanan awal bayi (MP-ASI) dapat membentuk bayi atau anak menginginkan rasa yang terlalu manis, asin, makanan-minuman rendah nutrisi untuk jangka panjang. Karena itu, ilmu mengenai penyiapan hingga penyajian MP-ASI rumahan (homemade) yang baik berdasarkan panduan organisasi kesehatan internasional seperti WHO sangat penting dikuasai oleh para ibu. Penguatan keluarga menjadi fokus dalam metode MP-ASI WHO. Dalam penyajian makan sehat itu juga disarankan menggunakan bahan-bahan lokal. 

Buku Mini Ensiklopedia MP-ASI Sehat ini sangat membantu para ibu untuk mengetahui panduan yang benar seputar MP-ASI dan makanan anak. HomeMade Healthy Baby Food (HHBF) sebagai sebuah komunitas parenting di dunia maya. HHBF ini melakukan sharing kepada para orangtua dalam membuat dan menyiapkan makanan sehat. Komunitas yang aktif di Facebook ini mengusung slogan “salam sehat penuh cinta”.

Prinsip sharing juga menjadi kekuaan utama komunitas ini. Orangtua diingatkan kembali bahwa makan sejatinya bukan hanya proses pemenuhan kebutuhan asupan, tetapi juga proses sosial dan pembelajaran bagi seluruh anggota keluarga itu sendiri.

Rangkuman sharing dan edukasi penuh cinta yang sudah dilakukan HHBF sejak 2011 tertuang dalam buku ini. Saat membacanya, orang tua diajak kembali untuk mengenal seluk beluk menyiapkan makanan sehat, bukan hanya untuk bayi atau anak, tetapi juga bisa bermanfaat untuk seluruh keluarga.

Penjelasan dengan bahasa sederhana memudahkan bunda memahami lembar demi lembari dari buku 247 halaman ini. Sebab itu, bunda tak perlu berfikir panjang saat membacanya. Informasi mengenai gizi yang dibutuhkan oleh buah hati akan anda dapatkan di dalam buku iniMulai dari gizi-gizi yang dibutuhkan buah hati yang ada dalam beragam makanan, sayuran hingga buah-buahan.

Di dalamnya juga terdapat penjelasan tentang metode WHO dan BLW. Metode BLW itu lawan dari spoon feeding, yakni anak di usia 6 bulan diajarkan makan secara mandiri. Orang tua bukannya lepas tangan dalam memberikan makan. Tapi justru orangtua mengawasi dan memperhatikan si buah hati saat makan. Sebab itu, makanan yang diberikan adalah makanan yang bisa digenggan oleh sang buah hati.

Walaupun adanya pro dan kontra terhadap metode ini. Yang kontra menganggap metode itu menyebabkan bayi tak banyak makan. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan sang bayi tidak terpenuhi. Namun sebenarnya bisa diatasi dengan mengkolaborasikan antara metode BLW dengan spoon feeding. Adakalanya bayi makan disuapin. Kadang kala juga buah hati kita biarkan makan sendiri.

Yang sangat menarik dari buku ini adalah setiap lembarnya ada kotak pengetahuan. Kotak pengetahuan itu berisi tentang tips-tips menarik untuk para bunda. Seperti, kandungan garam (yodium) itu sangat diperlukan dalam tubuh. Namun, kita sering melakukan kekeliruan dalam memberikan garam pada makanan (Halaman 23). Pemberian garam saat makanan atau sayuran masih di atas apa atau masih panas itu tidak baik. Mestinya, makanan atau sayuran diberikan garam itu setelah hangat.


Di akhir bagian buku ini disertakan berbagai resep MP-ASI. Dari awal MP-ASI sampai akhir masa MP-ASI. Buku ini sangat membantu para bunda yang belum mempunyai informasi tentang MP-ASI, cara memasak persiapan MP-ASI hingga perawatan barang-barang buah hati di masa MP-ASI. Selain itu, berbagai resep lezat yang tersedia di buku ini dapat membantu ibu menyiapkan makanan rumahan lezat bervariasi.

Judul               : Ensiklopedia MP-ASI Sehat Serunya MP-ASI Homemade ala HHBF
Penulis            : Tim Admin HHBF
Penerbit          : Panda Media, Jakarta Selatan
Tahun              : IV, 2017
ISBN                : 978-979-780-800-6
Tebal                : 247 halaman
Peresensi         : Nunung Lasmana
0